Puasa katanya dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Walaupun demikian, anda perlu mengatur strategi atau cara yang tepat agar diet anda berjalan dengan baik.

Pada saat kita berpuasa, pembongkaran cadangan makanan yang berupa lemak viseral dan otot dalam tubuh terbongkar. Jadi jika selama 30 hari diambil, maka tubuh kita akan kehilangan beberapa kilogram berat badan. Normalnya, tubuh kita akan mengalami proses penurunan berat badan dari 0,5 hingga 3 kg dalam waktu sebulan.

Diet di Bulan Puasa

Adaptasi tubuh

Pada 10 hari pertama puasa terjadi perubahan pola makan dan organ pencernaan akan melakukan adaptasi. Adaptasi ini akan mempercepat metabolisme sehingga berat badan mudah turun di 10 hari pertama. Upayakan untuk menjaga pola makan saat berbuka puasa lebih terkontrol. Pilih jenis makanan yang tak terlalu padat karbohidrat, dan cukup mengandung serat sehingga berat badan tetap stabil.

Tetap sahur

Upayakan menyantap sahur mendekati waktu imsak sehingga energi yang tersimpan menjadi lebih awet.

Sebelum mulai menyantap hidangan sahur, usahakan meminum segelas minuman manis dahulu. Tujuannya agar kandungan glukosa dapat memenuhi kebutuhan tubuh selama berpuasa. Lalu, asup sumber karbohidrat secukupnya dengan lauk lengkap beserta sayur dan sumber protein/lemak. Makanan dengan cukup serat serta lemak, menurut teori mampu bertahan 5 hingga 6 jam ke depan dibanding yang tidak.

Berbuka dengan lembut

Mulai menu berbuka dengan makanan yang lembut dahulu, jangan memakan makanan yang keras di awal. Ingat, saat berbuka organ pencernaan masih belum stabil.

Hindari mengonsumsi makanan pedas, minuman bersoda dan makanan berat pada saat awal. Minuman bersoda dapat membuat perut terasa sebah dan memicu gangguan pencernaan. Selain itu, makan makanan berat berisiko membuat pencernaan bekerja terlalu berat.

Minum sesuatu yang manis atau makan makanan ringan dan tidak mengandung es akan lebih baik didahulukan saat berbuka. Barulah setengah jam kemudian makan besar.

Ingat, jangan tunda makan makanan berat mendekati waktu tidur karena akan menumpuk sisa kalori yang diasup. Sebaiknya segera setelah makan makanan pembuka.

Dalam jeda waktu antara berbuka dengan sahur, Anda dapat mempersiapkan menu kudapan yang sehat seperti jus buah atau buah potong.

Tetap berolah raga

Olah raga ringan seperti jalan atau bersepeda statis dapat tetap dilakukan di bulan puasa. Namun jangan berolah raga setelah sahur, sebaiknya lakukan sebelum berbuka puasa. Ini akan menjaga tubuh tetap bugar dan aliran darah tetap terjaga.

Mau langsing tanpa efek samping dan tanpa ribet?
Dapatkan obat pelangsing alami tanpa efek samping, mampu menurunkan berat badan 5-10kg sebulan.
Dapatkan Produknya DISINI
jilbab ala teh ody

Artikel Terkait

  • Diet Cepat, Aman dan Terbukti Dengan Biolo Slimming Capsule

    Diet Cepat, Aman dan Terbukti Dengan Biolo Slimming Capsule, anda mendambakan berat badann ideal dan selalu berusaha untuk melakukan diet cepat namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Menurunkan
  • Inilah Tips Diet Yang Tidak Menyiksa

    Inilah Tips Diet Yang Tidak Menyiksa, Ingin diet tetapi tidak mau susah? Jangan khawatir, sebuah artikel yang diterbitkan Men’s Health memberikan beberapa tip diet tanpa susah hanya dengan 10 ca
  • 10 Tips Diet Yang Aman dan Cepat

    10 tips diet yang aman dan cepat – Mau mendapatkan badan langsing dan ideal, memiliki berat badan yang normal serta tidak memiliki perut buncit anda bisa mencoba menjalankan program diet, namun
  • Cara Diet Sehat dan Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

    Cara Diet Sehat dan Efektif, Pada dasarnya, menurunkan berat badan artinya adalah membakar lebih banyak kalori dibandingkan makan kita. Terlihat cukup mudah, tapi jika memang semudah itu tentunya di a
  • Menjalankan Diet Selama Kehamilan

    Menjalankan Diet Selama Kehamilan, Perlunya menjaga kesehatan ketika hamil akan memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Berbagai macam cara yang disarankan untuk menjaga kesahatan bagi ibu hamil. Sel

ads by AdXpansion

Leave a Reply


one × 7 =